Cara Menjawab Soal Hakikat Geografi Bag. 1

Soal Ujian Nasional Geografi Tahun 2010/2011 Paket 42 No. 11

Kajian geografi meliputi dua aspek yaitu aspek fisik dan aspek sosial, yang disebut fenomena geosfer.
Fenomena geosfer yang termasuk aspek fisik adaah ....
A.litosfer, demografi dan barisfer
B.hidrosfer, biosfer, dan antroposfer
C.atmosfer, hidrosfer, dan litosfer
D.biosfer, litosfer, dan antroposfer
E.atmosfer, demografi, dan barisfer

Cara Menjawab Soal Ujian Nasional Geografi Submateri Objek Studi Geografi

Pada pilihan A dan E tercamtum demografi yang bukan merupakan aspek fisik tapi ilmu penunjang geografi, jadi dieliminasi. Sedangkan pilihan B dan D tercamtum antroposfer yang merupakan aspek sosial, jadi dieliminasi. Maka jawabannya adalah C.

Agak susah juga menjawab soal ini karena ada pengecoh pada pilihan jawabannya, yaitu antroposfer pada pilihan B dan D. Secara makna kata, antroposfer berasal dari kata anthropos (manusia) dan sphere (lapisan), yang berarti lapisan yang dihuni manusia, yaitu atmosfer, hidrosfer, dan litosfer. Pemahaman inilah yang mengrahkan penarikan kesimpulan bahwa antroposfer sama dengan atmosfer, hidrosfer, dan litosfer masuk dalam aspek fisis fenomena geosfer. Padahal antroposfer mengacu pada cara hidup manusia beradaptasi dengan kondisi lapisan yang dihuni (bumi). Jadi antroposfer masuk dalam aspek sosial fenomena geosfer.

Ringkasan Materi Objek Studi Geografi

Dari beberapa sumber, konsep tentang aspek kajian geografi tidak terlalu sesuai dengan yang ditanyakan di soal. Jadi yang ditulis dalam ringkasan materi ini adalah objek studi geografi yang sesuai dengan yang ditanyakan di soal.

www.pembahasangeografi.blogspot.co.idObjek studi geografi adalah geosfer yang meliputi litosfer (lapisan batuan), hidrosfer (lapisan air), atmosfer (lapisan udara), biosfer (kehidupan), dan antroposfer (manusia dan hubungannya dengan lingkungan alam). Litosfer, hidrosfer, atmosfer, dan bisofer merupakan unsur-unsur fisik muka bumi yang dipelajari dalam geografi fisis. Antroposfer, khususnya tingkah laku manusia dalam menghadapi bumi, dipelajari dalam geografi penduduk, geogerafi ekonomi, geogerafi sosial, dan geogerafi politik.

(Sumber: 1700 Bank Soal Bimbingan Pemantapan Geografi/Gatot Harmanto, Cetakan I, Bandung: Yrama Widya, 2007)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menjawab Soal Hakikat Geografi Bag. 1"

Posting Komentar