Cara Menjawab Soal Sumber Daya Alam Bag. 1

Soal Ujian Nasional Geografi Tahun 2010/2011 Paket 42 No. 27

Penggunaan bahan bakar fosil organik terus meningkat sementara ketersediaannya di alam semakin menipis. Agar kebutuhan energi tetap terpenuhi tanpa merusak lingkungan maka harus dikembangkan sumber-sumber energi terbarukan seperti ...
A.nuklir, angin, minyak solar, geothermal, dan avtur
B.geothermal, nuklir, angin, sinar matahari, dan avtur
C.sinar matahari, angin, gelombang laut, geothermal, dan bio energi
D.angin, arus laut, batu bara, nuklir, dan bio energi
E.gelombang laut, kayu bakar, geothermal, nuklir, dan minyak bumi

Cara Menjawab Soal Ujian Nasional Geografi Submateri Jenis Sumber Daya Alam

  1. Soal ini menanyakan tentang sumber-sumber energi terbarukan. Jika pembaca mengetahui sumber-sumber energi terbarukan maka mudah menjawabnya. Jikapun tidak, tapi tahu tentang bahan bakar fosil organik maka mudah juga menjawabnya. Tapi bagaimana jika tidak tahu keduanya. Ada cara yang mudah.
  2. Soal ini masuk dalam Submateri Jenis Sumber Daya Alam yang dipelajari di kelas XI. Berdasarkan kelestariannya, SDA terbagi dua: pertama, jika digunakan terus akan habis, kedua, jika digunakan terus tidak akan habis. Soal ini menanyakan tentang yang kedua: jika digunakan terus tidak akan habis.
  3. Coba perhatikan pilihan B dan C yang mencamtumkan sinar matahari. Sudah jadi fakta jika sinar matahari digunakan terus tidak akan habis. Jadi pilihan A, D, E dieliminasi. Selanjutnya memilih antara B atau C. Pada dua pilihan itu ada angin, yang juga jika digunakan terus tidak akan habis. Begitu juga dengan gelombang laut tapi hanya ada pada pilihan C. Karena ada tiga hal (yang jika digunakan terus tidak akan habis) pada pilihan C, maka itulah jawabannya.
  4. Pembaca perlu pahami bahwa cara menjawab seperti ini hanya berlaku pada soal ini saja karena bentuk soalnya mendukung. Jadi tidak berlaku pada soal lain. Tapi jika ada soal, yang meskipun tidak menanyakan tentang sumber daya alam, namun bentuk soalnya seperti ini, maka cara menjawab seperti ini bisa digunakan.

Ringkasan Submateri Jenis Sumber Daya Alam

Sumber daya alam dapat dibagi menjadi dua berdasarkan kelestarian pemanfaatannya:

www.pembahasangeografi.blogspot.co.id
  1. Sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang jika digunakan secara terus menerus maka dalam jangka waktu tertentu akan kembali seperti sedia kala dan dapat digunakan lagi untuk diambil manfaatnya. Contohnya adalah sinar matahari, angin, gelombang laut, geothermal, tanah, tumbuh-tumbuhan, hewan dan bio energi.
  2. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang jika digunakan secara terus menerus maka dalam jangka waktu tertentu akan habis dan tidak dapat dibuat kembali oleh manusia. Contohnya adalah bahan bakar fosil seperti minyak bumi, minyak solar, avtur, dan batu bara. Selain itu, termasuk juga nuklir dan gas alam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menjawab Soal Sumber Daya Alam Bag. 1"

Posting Komentar