Pembahasan Singkat Soal Interaksi Spasial Desa-Kota (1)

Soal Ujian Nasional Geografi Tahun 2012/2013 Submateri Pola Persebaran Pemukiman Desa

Ada 26 paket soal pada ujian nasional geografi tahun 2012/2013. Dari 26 paket itu, hanya delapan bentuk soal yang berbeda pada submateri pola persebaran pemukiman desa. Tapi saya memposting tiga saja. Tiga soal ini berada pada nomor 45.

Pola pemukiman desa yang terbentuk pada gambar adalah ....
pembahasangegrafi.blogspot.co.id
A.pola memanjang
B.pola menyebar
C.pola memusat
D.pola terbuka
E.pola mengelompok

Pola pemukiman desa yang terbentuk pada gambar adalah ....
pembahasangeografi.blogspot.co.id
A.pola mengelompok
B.pola memanjang
C.pola tersebar
D.pola memusat
E.pola melingkar

Desa yang terletak di daerah dataran dengan jaringan jalan yang memadai maka pola pemukiman penduduk yang terbentuk adalah .....
A.pola kumuh
B.pola linear
C.pola memusat
D.pola tradisional
E.pola terpencar

Pembahasan Singkat Soal Ujian Nasional Geografi Submateri Pola Persebaran Pemukiman Desa

Secara umum, pola permukiman desa terbagi tiga, yaitu memanjang, memusat, dan tersebar. Pola memanjang atau yang biasa disebut linear terbagi empat, berikut penjelasannya:

Pola memanjang jalan

Pola persebaran desa memanjang jalan terdapat di daerah yang arealnya datar dan menghubungkan dua kota. Pola desa yang memanjang bertujuan untuk mendekati prasarana transportasi sehingga memudahkan untuk bepergian ke tempat lain apabila ada keperluan. Selain itu juga memudahkan pergerakan barang dan jasa.

Pola memanjang sungai

Pola persebaran desa terletak di kanan kiri sungai. Pola desa ini memanfaatkan air sungai untuk berbagai keperluan, dan umumnya terdapat pada daerah dataran.

Pola memanjang pantai

Di daerah-daerah pantai yang landai, pola persebaran desa biasanya memanjang mengikuti arah garis pantai. Desa memanjang pantai merupakan desa nelayan yang mata pencaharian penduduknya menangkap ikan di laut.

Pola memanjang pantai dan sejajar jalan kereta api

Pola persebaran desa semacam ini terdapat di daerah pantai yang landai. Pada umumnya penduduknya bekerja sebagai nelayan dan pedagang.

(Rahayu, hal 50-51).

(Sumber: Saptanti Rahayu, Eny Wiji Lestari, Maryadi. 2009. Nuansa Geografi 3: Untuk SMA / MA Kelas XII. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pembahasan Singkat Soal Interaksi Spasial Desa-Kota (1)"

Posting Komentar