Pembahasan Singkat Soal Negara Maju dan Negara Berkembang (1)

Materi negara maju dan berkembang selalu menyumbang dua sampai tiga soal dalam ujian nasional geografi. Submateri yang biasanya muncul adalah indikator dan nama-nama negara maju dan berkembang. Porsinya adalah dua soal negara maju dan satu soal negara berkembang. Itu saja yang silih berganti. Kali ini saya memposting tiga soal dari tahun yang sama dan tiga paket berbeda.

Soal Ujian Nasional Geografi Tahun 2011/2012 Paket E42

Negara yang termasuk negara berkembang adalah ....
A.Argentina, Kanada, dan Selandia Baru
B.Arab Saudi, Pakistan, dan Jepang
C.Polandia, Brazil, dan Inggris
D.India, Meksika, dan Mesir
E.Korea Selatan, Singapura, dan Libya

Paket B15
Negara yang termasuk negara berkembang adalah ....
A.India, Turki, dan Jepang
B.Angola, Libya, dan Inggris
C.Zambia, Myanmar, dan Rusia
D.Mesir, Kenya, dan Amerika Serikat
E.Nigeria, Iran, dan Vietnam

Paket A83
Negara yang termasuk negara berkembang adalah ....
A.Aljazair, Singapura, dan Italia
B.Bolivia, Amerika Serikat, dan Honduras
C.Thailand, Paraguay, dan Tunisia
D.India, Nigeria, dan Jerman
E.Pakistan, Jepang, dan Irak

Pembahasan Singkat Soal Ujian Nasional Submateri Negara Berkembang

Beberapa ahli berpendapat bahwa tidak ada negara yang miskin, yang ada hanya negara yang tidak mengelola dengan baik sumber daya manusianya dengan tidak memperhatikan pendidikannya, sehingga penduduk negara itu tak bisa mengeksploitasi dengan baik sumber daya alamnya. Ada negara yang sumber daya alamnya sedikit tapi karena sumber daya manusianya cerdas, negara itu kaya. Sebaliknya, ada negara yang melimpah sumber daya alamnya tapi karena sumber daya manusianya berkualitas rendah, negara itu miskin.
www.pembahasangeografi.blogspot.co.id
Negara yang kaya itu masuk dalam kategori negara maju sedang yang miskin masuk dalam kategori negara berkembang. Tapi pada artikel pembahasan ini yang akan dibahas hanya negara berkembang saja.

Indikator yang digunakan untuk menentukan sebuah negara masuk dalam kategori berkembang bermacam-macam. Namun kebanyakan literatur menggunakan standar ekonomi. Pada tahun 1997, Bank Dunia mengkategorikan negara-negara duia berdasarkan tingkat pendapatannya (Hartono, hal 120). Negara yang berpendapatan rendah dan menengah masuk dalam kategori negara berkembang.

Negara apa saja yang masuk dalam kategori negara berkembang? Menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa, kelompok negara bekembang (developing country) yakni seluruh negara di benua Afrika, seluruh negara di Asia kecuali Jepang, seluruh negara di benua Amerika kecuali Amerika Serikat dan Kanada, seluruh negara di kawasan Australia dan Oceania kecuali Australia, serta seluruh negara di benua Eropa kecuali Inggris, Jerman, Prancis, Italia, dan Belanda (Hartono, hal 121).

(Sumber: Hartono. 2007. Geografi: Jelajah Bumi dan Alam Semesta untuk Kelas XI SMA/MA Program Ilmu Pengetahuan Sosial. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pembahasan Singkat Soal Negara Maju dan Negara Berkembang (1)"

Posting Komentar