Hujan Berdasarkan Proses Terjadinya

Cara menjawab soal ujian nasional geografi materi unsur-unsur cuaca dan iklim. Materi ini dipelajari di kelas X.

Soal UN 2012/2013 No.13
Jika terjadi pertemuan dua massa udara yang berbeda temperatur, yaitu antara massa udara panas yang lembab dengan massa udara dingin yang padat sehingga berkondensasi, maka terjadi hujan .....
A.konvensi
B.orografis
C.ekuator
D.zenithal
E.frontal

Pembahasan
Pertama. Untuk menjawab soal ini dengan singkat, ingat terlebih dahulu konsep dasar jenis hujan berdasarkan proses terjadinya kemudian seleksi satu persatu pilihan jawaban.

Kedua. Pilihan A.konvensi itu tidak termasuk karena yang ada adalah hujan konveksi. Ini adalah pengecoh karena hanya beda huruf (N) dan (K). Kalau dalam kondisi pikiran yang samar-samar (lupa-lupa ingat), pilihan A ini adalah jebakan yang ampuh. Sedangkan C.ekuator juga tidak termasuk karena memang tidak ada konsep seperti itu.

Ketiga. Biasanya jenis hujan sudah diketahui tapi tidak bisa dibedakan karena ingatan tentang pengertiannya sudah samar-samar. Maka untuk memudahkan dengan cara membuat singkatan:
ZeRoFron = zenithal+oRografis+Frontal
Keterangan: 
Ze : naik secara vertikal
Ro : naik ke lereng gunung 
Fron : pertemuan

www.pembahasangeografi.blogspot.co.id
Keempat. Berdasarkan singkatan di atas, jawabannya adalah E.

Kelima. Cara menjawab singkat seperti ini bisa jika konsep dasar sudah dikuasai. Berikut konsepnya berdasarkan buku geografi bilingual untuk kelas X, karya Gatot Harmanto:
Hujan zenithal (konveksi) adalah hujan yang terjadi karena massa udara yang mengandung uap air bergerak naik secara vertikal.
Hujan orografis adalah hujan yang terjadi karena massa udara yang mengandung uap air naik ke lereng sebuah pegunungan.
Hujan frontal, pengertiannya ada pada soal di atas.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hujan Berdasarkan Proses Terjadinya"

Posting Komentar